SUPERVISI PEMBELAJARAN IPA: Dalam Perspektif KONTRUKTIVIS (OLEH: ENY WINARYATI).

Supervisi adalah proses mengarahkan, mendukung supervisee agar dapat melakukan tugasnya dengan efektif, dan efisien.  Seorang supervisor harus memiliki kapabilitas, dan memiliki kesempatan, untuk mendengarkan serta  memberikan perspektif dan klarifikasi teori dan praktek. Kilminster dan Jolly (2000) menyampaikan bahwa, supervisi sebagai penyediaan pemantauan, bimbingan dan umpan balik mengenai masalah pengembangan pribadi, profesi dan muatan pendidikan. Dalam dunia pendidikan, bila dikaitkan  dengan  konteks diatas, maka supervise mencakup seluruh aspek dari penyelenggaraan pendidikan dan pengajaran. Melalui supervisi   pembelajaran diharapkan dapat  memberikan penegasan, sebagai suatu kegiatan bantuan pembinaan kearah perbaikan, sehingga meningkatkan kualitas  pembelajaran. Bantuan kegiatan dapat berupa kegiatan pengarahan, memberikan dorongan, atau mengkoordinasikan kearah perbaikan pembelajaran, yang dilakukan secara sistematis dan kontinu. Bantuan layanan supervisi, meliputi  keseluruhan situasi belajar mengajar, mencakup: goal, material, technique, method, teacher, student, an envirovment. Hal ini mengindikasikan bahwa guru sebagai aspek utama dalam supervisi, harus dapat memperbaiki dan meningkatkan kemampuannya  dalam mengelola kegiatan belajar mengajar, termasuk pembelajaran IPA.

DSC_3149 - Copy       Pembelajaran IPA dalam perspektif kontruktivis, hakekatnya juga menuntut penilaian  kontruktivis, seperti tugas individu, pengamatan, proyek, presentasi, demontrasi dll. Pembelajaran konstruktivisme mendorong guru dalam pembelajarannya menjadi fleksibel dan menggeser  pembelajaran tradisional. Reformasi ini menitik beratkan bahwa siswa membangun pemahaman mereka sendiri dari setiap konten yang diberikan. Penilaian berorientasi pada pemahaman yang  harus memberikan informasi yang berkelanjutan yang memungkinkan guru menjadi responsif terhadap kebutuhan individu, seperti penilaian formatif yang berkelanjutan, sehingga  siswa mencapai pemahaman yang diinginkan. (Adrienne Gibson dan John Wallace (2006). Temuan ini dipertegas oleh Todd Campbell, dan  Chad Bohn (2008), bahwa pembalajaran sains diharuskan untuk menekankan pembelajaran yang berpusat pada siswa, melalui beberapa temuan dari hasil pengalaman di laboratorium. Ada  empat prinsip yang mendukung  lingkungan belajar yang efektif, yaitu: pembelajaran berpusat pada siswa, pengetahuan berpusat pada  lingkungan, penilaian yang  mendukung pembelajaran, berbasis masyarakat sehingga ada keuntungan dimasa depan. Hal ini sangat relevan dengan tuntutan dalam pembelajaran IPA, untuk selalu mengintegrasikannya dengan lima domain sains dan tidak dapat dipisahkan satu dengan lainnya. Kelima domain sains meliputi: sikap ilmiah, proses ilmiah, produk,  aplikasi, dan kreativitas. Hal ini dimaksudkan untuk mengimbangi kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi (Rezba, dkk, 1995). Aplikasinya mengindikasikan suatu proses pembelajaran berpendekatan konstekstual berlandaskan teori konstruktivisme sehingga tercapai pembelajaran bermakna.  Evaluasi supervisi pembelajaran IPA, harus memasukkan unsur lima domain sains. Proses pembelajaran konstruktivisme ini, menekankan fungsi guru yang berperan sebagai fasilitator.

Pembelajaran dan penilaian IPA berbasis konstruktivis, menjadi landasan bahwa aplikasi  supervise-pun dituntut barbasis konstruktivis, dan hal ini menjadi suatu keharusan. Konteks ini mengimplementasikan suatu supervisi yang berpusat pada guru, dan supervisor sebagai fasilitator. Guru akan memiliki motivasi individu untuk mencari tahu tentang suatu pegetahuan/pemahaman, keinginan untuk berkembang, dan meningkatkan diri, mengembangkan profesi, serta bakat guru, sehingga dapat menyelesaikan masalahnya sendiri, memiliki kesiapan menghadapi tantangan masa dapan yang kompleks dan dinamis.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Powered by themekiller.com anime4online.com animextoon.com apk4phone.com tengag.com moviekillers.com